Minggu, 10 Januari 2010

artikel tentang perkembangan email

Tidak pernah kita bayangkan sekarang kita dapat mengirim dan menerima surat dalam sekejap dengan menggunakan email. Apakah Anda sudah maksimal dalam menggunakan email? Bagaimana perkembangan email dan teknologi serta para pemakainya sekarang ini dan di masa depan?

Email adalah aktivitas online yang paling popular di kalangan para pengguna internet baik Anda yang menggunakannya hanya untuk sekadar berkomunikasi atau yang bekerja di rumah atau pun yang bekerja di kantor. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang besar bagi perusahaan kecil maupun besar. Para pemasar dapat menggunakan email untuk tetap berada di depan dengan para kastemer maupun prospeknya.

Apa itu email? Email adalah surat elektronik yang penggunaannya sekarang didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu Post Office Protocol yang disebut juga sebagai POP, Internet Mail Access Protocol disebut juga IMAP, dan yang ketiga adalah Simple Mail Transfer Protocol yg disebut SMTP. Dari antara tiga jenis protokol internet ini, menurut majalah digital dari asiacomputerweekly (http://www.asiacomputerweekly.com) email yang menggunakan protokol internet dari situs web itu sendiri yang disebut sebagai web mail akan mendominasi pangsa pasar.

Mengapa email begitu popular? Karena email adalah sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini. Begitu kuatnya email dalam berkomunikasi, Anda ingat peristiwa hancurnya menara kembar di WTC tgl 11 September 2001? Salah satu adalah karena komunikasi yang diberikan oleh email kepada para teroris dan itulah sebabnya AOL bekerjasama dengan FBI untuk memeriksa file-file email yang diduga ada hubungannya dengan para teroris, demikian kata CNN News. Hal ini dilakukan dengan cara menyimpan semua logs file sewaktu para pengguna email menggunakan email yang melintas di jaringannya. Kemudian FBI bersama dengan ISP mengembangkan apa yang disebut Carnivore, yang kini disebut DCS1000 (Digital Collection System) yang memungkinkan mereka untuk menyadap komunikasi yang melintas di setiap ISP di negeri paman SAM ini.

Asal mulanya
Berapa sebenarnya usia email? Tiga puluh tahun yang lalu mungkin dari antara kita tidak pernah ada yang menyangka bahwa pemakaian email sudah berkembang seperti sekarang ini. Tiga puluh tahun yang lalu email masih dalam bentuk sebuah pesan yang sederhana yang dikirim dalam jaringan kecil. Namun sekarang sebuah pesan yang sederhanan itu telah memprakarsai suatu revolusi dalam sejarah komunikasi umat manusia. Pesan tersebut kini disebut sebagai email, atau surat elektronik yang dikirim dari suatu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan. Pesan pertama dalam bentuk email yang sederhana ini dirancang oleh seorang ilmuwan bernama Ray Tomlinson dari BBN Technologies.

Sekarang dan Masa Depan
Jadi siapa sangka email berkembang dengan begitu cepat. Jumlah pengguna email di seluruh dunia diperkirakan melonjak sekitar 138% dari 505 juta di tahun 2000 dan meningkat menjadi 1,2 miliar di tahun 2005, demikian menurut riset yang diberitakan oleh para analis industri dari salah satu perusahaan riset dan teknologi dari AS, Jupiter Media Metrix, begitu juga kenaikan terlihat untuk kawasan Asia (lihat bagan)

Contohnya sekarang saja di Amerika, menurut Forrester Research (http://www.forrester.com) bahwa persentase perilaku konsumen dalam menggunakan teknologi komunikasi per hari menyingkapkan bahwa email berada di urutan kedua setelah penggunaan telepon dengan lama 29 menit sedangkan penggunaan telepon per hari 45 menit. Dan penggunaan ponsel berada di urutan ketiga setelah email dengan lama 16 menit per hari.

Situs AsiaComputerWeekly.com yang menyorot komentar dari IDC Group (http://www.asiacomputerweekly.com/ViewArt.cfm?Artid=12140&catid=3&subcat=29), juga sebagai salah satu perusahaan riset international di AS menyatakan bahwa para pengguna email berbasis web menjadi pendorong utama meningkatnya pengguna email di seluruh dunia. Direktur riset dari IDC, Mark Levitt mengatakan, "akses nirkabel melalui perangkat email dan pelayanan network adalah infrastruktur utama yang memungkinkan para pengguna email senantiasa terhubung satu sama lain. Juga para pekerja yang sering di luar kantor akan mendapatkan manfaat untuk tetap berkomunikasi dengan dimungkinkannya perangkat email yang telah dikustomisasi, dan hosted service."

IDC juga menyatakan bahwa lalu lintas email rata-rata per hari di tahun 2005 diperkirakan akan meningkat menjadi 36 miliar di seluruh dunia. Tentunya hal ini dikontribusi oleh situs web yang menawarkan email gratis kepada para pengunjungnya, demikian berita ini dilansir oleh situs emarketer.com (http://www.emarketer.com)

Pendukung Perkembangan Email
Seperti telah disebutkan di atas bahwa webmail akan memberikan kontribusi terbesar dalam lalu lintas email per hari untuk masa depan, tentunya ini didukung karena internet akan terus booming, khususnya dengan tersedianya Top Level Domain (TLD) yang baru seperti .info, .biz, dan .pro. Dan menurut artikel yang diterbitkan oleh ZDNET tertanggal 2 Juli 2001, para analis industri memprediksi bahwa "15 juta domain dengan menggunakan akhiran .biz akan terdaftar" di seluruh dunia, (http://www.dotbiztoday.com).

Pendukung kedua adalah di sisi teknologi yang berfungsi sebagai email viewer, dan perusahaan teknologi industri telah mempersiapkan peralatan-peralatan yang berfungsi sebagai pembaca dan pengirim email bergerak seperti PDA, WinCe, Palm, Psion membuat perangkat pembaca e-mail bergerak seperti palmtop, nokia communicator, handycam (lihat gambar) dan bahkan alat berupa pager email yang adalah suatu perangkat baru nirkabel yang dirancang dan dikembangkan oleh Danger Research yang bernama Hiptop yang sanggup menerima dan mengirim e-maildengan tombol seperti layaknya sebuah pager e-mail. Dan perangkat ini akan diluncurkan ke pasar retail kira-kira USD 200. Selain dapat mengirim dan menerima e-mail Hiptop dirancang untuk dapat menjelajah situs web, instant messaging, panggilan telepon suara dan juga berfungsi seperti digital kamera kecil. Perangkat jenis ini diharapkan diluncurkan ke pasar pada akhir musim gugur thn 2001 dan sudah beredar di pasar pada kuartal kedua tahun 2002. Perusahaan lain seperti Motorola juga telah mengembangkan pager e-mail dalam perangkat barunya yang bernama Talkabout T900, yang dijual hanya USD 99. AOL Time Warner juga memiliki produk sejenis yang dijual ke pasar dengan harga USD99.

Mengingat dukungan teknologi ini, maka email akan menjadi sarana komunikasi secara umum maupun di bidang pemasaran dan bisnis seraya menjangkau kastemer maupun mempertahankan hubungan komunikasi yang efisien dan hemat dengan para mitra bisnis untuk menunjang sarana dan prasarana komunikasi sekarang ini seperti telepon, faks, telex, pager, dan telepon seluler dan sejenisnya, demikian kutipan yang diambil dari majalah digital tentang E-Marketing tertanggal 12 september 2001 yang diterbitkan oleh bjoconsulting.com dalam edisi bahasa Indonesia melalui milisnya bjoconsulting.com yaitu mailto:bjotips@getresponse.com dengan subject "subscribe" Karena trend inilah distributor Panasonic di Indonesia juga mendistribusikan faks yang dapat mengirim email (lihat gambar) dan kalau Anda pernah singgah ke situs http://www.efax.com, teknologi ini memungkinkan Anda mendapat nomor faks khusus kemudian orang mengirim faks ke nomor faks tsb dan langsung masuk ke e-mail Anda, namun ini berlaku kalau Anda tinggal di Amerika serikat dan Kanada serta Inggris.
Maka sudahkah Anda memanfaatkan media komunikasi email sepenuhnya?

Bob Julius Onggo adalah Chief editor pada situs webnya, sekaligus sebagai pembicara di berbagai seminar dan forum pemasaran, dan kolomnis tetap di majalah InfoNet dan Bisnis Komputer serta pemulis lepas di beberapa tabloid, surat kabar, dan majalah. Beliau juga Pengajar dan dosen di salah satu Universitas Terkemuka di Jakarta (www.bjoconsulting.com)

Mengapa email begitu popular? Karena email adalah sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini. Begitu kuatnya email dalam berkomunikasi, Anda ingat peristiwa hancurnya menara kembar di WTC tgl 11 September 2001? Salah satu adalah karena komunikasi yang diberikan oleh email kepada para teroris dan itulah sebabnya AOL bekerjasama dengan FBI untuk memeriksa file-file email yang diduga ada hubungannya dengan para teroris, demikian kata CNN News. Hal ini dilakukan dengan cara menyimpan semua logs file sewaktu para pengguna email menggunakan email yang melintas di jaringannya. Kemudian FBI bersama dengan ISP mengembangkan apa yang disebut Carnivore, yang kini disebut DCS1000 (Digital Collection System) yang memungkinkan mereka untuk menyadap komunikasi yang melintas di setiap ISP di negeri paman SAM ini.

Asal mulanya
Berapa sebenarnya usia email? Tiga puluh tahun yang lalu mungkin dari antara kita tidak pernah ada yang menyangka bahwa pemakaian email sudah berkembang seperti sekarang ini. Tiga puluh tahun yang lalu email masih dalam bentuk sebuah pesan yang sederhana yang dikirim dalam jaringan kecil. Namun sekarang sebuah pesan yang sederhanan itu telah memprakarsai suatu revolusi dalam sejarah komunikasi umat manusia. Pesan tersebut kini disebut sebagai email, atau surat elektronik yang dikirim dari suatu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan. Pesan pertama dalam bentuk email yang sederhana ini dirancang oleh seorang ilmuwan bernama Ray Tomlinson dari BBN Technologies.

Sekarang dan Masa Depan
Jadi siapa sangka email berkembang dengan begitu cepat. Jumlah pengguna email di seluruh dunia diperkirakan melonjak sekitar 138% dari 505 juta di tahun 2000 dan meningkat menjadi 1,2 miliar di tahun 2005, demikian menurut riset yang diberitakan oleh para analis industri dari salah satu perusahaan riset dan teknologi dari AS, Jupiter Media Metrix, begitu juga kenaikan terlihat untuk kawasan Asia (lihat bagan)

Contohnya sekarang saja di Amerika, menurut Forrester Research (http://www.forrester.com) bahwa persentase perilaku konsumen dalam menggunakan teknologi komunikasi per hari menyingkapkan bahwa email berada di urutan kedua setelah penggunaan telepon dengan lama 29 menit sedangkan penggunaan telepon per hari 45 menit. Dan penggunaan ponsel berada di urutan ketiga setelah email dengan lama 16 menit per hari.

Situs AsiaComputerWeekly.com yang menyorot komentar dari IDC Group (http://www.asiacomputerweekly.com/ViewArt.cfm?Artid=12140&catid=3&subcat=29), juga sebagai salah satu perusahaan riset international di AS menyatakan bahwa para pengguna email berbasis web menjadi pendorong utama meningkatnya pengguna email di seluruh dunia. Direktur riset dari IDC, Mark Levitt mengatakan, "akses nirkabel melalui perangkat email dan pelayanan network adalah infrastruktur utama yang memungkinkan para pengguna email senantiasa terhubung satu sama lain. Juga para pekerja yang sering di luar kantor akan mendapatkan manfaat untuk tetap berkomunikasi dengan dimungkinkannya perangkat email yang telah dikustomisasi, dan hosted service."

IDC juga menyatakan bahwa lalu lintas email rata-rata per hari di tahun 2005 diperkirakan akan meningkat menjadi 36 miliar di seluruh dunia. Tentunya hal ini dikontribusi oleh situs web yang menawarkan email gratis kepada para pengunjungnya, demikian berita ini dilansir oleh situs emarketer.com (http://www.emarketer.com)

Pendukung Perkembangan Email
Seperti telah disebutkan di atas bahwa webmail akan memberikan kontribusi terbesar dalam lalu lintas email per hari untuk masa depan, tentunya ini didukung karena internet akan terus booming, khususnya dengan tersedianya Top Level Domain (TLD) yang baru seperti .info, .biz, dan .pro. Dan menurut artikel yang diterbitkan oleh ZDNET tertanggal 2 Juli 2001, para analis industri memprediksi bahwa "15 juta domain dengan menggunakan akhiran .biz akan terdaftar" di seluruh dunia, (http://www.dotbiztoday.com).

Pendukung kedua adalah di sisi teknologi yang berfungsi sebagai email viewer, dan perusahaan teknologi industri telah mempersiapkan peralatan-peralatan yang berfungsi sebagai pembaca dan pengirim email bergerak seperti PDA, WinCe, Palm, Psion membuat perangkat pembaca e-mail bergerak seperti palmtop, nokia communicator, handycam (lihat gambar) dan bahkan alat berupa pager email yang adalah suatu perangkat baru nirkabel yang dirancang dan dikembangkan oleh Danger Research yang bernama Hiptop yang sanggup menerima dan mengirim e-maildengan tombol seperti layaknya sebuah pager e-mail. Dan perangkat ini akan diluncurkan ke pasar retail kira-kira USD 200. Selain dapat mengirim dan menerima e-mail Hiptop dirancang untuk dapat menjelajah situs web, instant messaging, panggilan telepon suara dan juga berfungsi seperti digital kamera kecil. Perangkat jenis ini diharapkan diluncurkan ke pasar pada akhir musim gugur thn 2001 dan sudah beredar di pasar pada kuartal kedua tahun 2002. Perusahaan lain seperti Motorola juga telah mengembangkan pager e-mail dalam perangkat barunya yang bernama Talkabout T900, yang dijual hanya USD 99. AOL Time Warner juga memiliki produk sejenis yang dijual ke pasar dengan harga USD99.

Mengingat dukungan teknologi ini, maka email akan menjadi sarana komunikasi secara umum maupun di bidang pemasaran dan bisnis seraya menjangkau kastemer maupun mempertahankan hubungan komunikasi yang efisien dan hemat dengan para mitra bisnis untuk menunjang sarana dan prasarana komunikasi sekarang ini seperti telepon, faks, telex, pager, dan telepon seluler dan sejenisnya, demikian kutipan yang diambil dari majalah digital tentang E-Marketing tertanggal 12 september 2001 yang diterbitkan oleh bjoconsulting.com dalam edisi bahasa Indonesia melalui milisnya bjoconsulting.com yaitu mailto:bjotips@getresponse.com dengan subject "subscribe" Karena trend inilah distributor Panasonic di Indonesia juga mendistribusikan faks yang dapat mengirim email (lihat gambar) dan kalau Anda pernah singgah ke situs http://www.efax.com, teknologi ini memungkinkan Anda mendapat nomor faks khusus kemudian orang mengirim faks ke nomor faks tsb dan langsung masuk ke e-mail Anda, namun ini berlaku kalau Anda tinggal di Amerika serikat dan Kanada serta Inggris.
Maka sudahkah Anda memanfaatkan media komunikasi email sepenuhnya?

Bob Julius Onggo adalah Chief editor pada situs webnya, sekaligus sebagai pembicara di berbagai seminar dan forum pemasaran, dan kolomnis tetap di majalah InfoNet dan Bisnis Komputer serta pemulis lepas di beberapa tabloid, surat kabar, dan majalah. Beliau juga Pengajar dan dosen di salah satu Universitas Terkemuka di Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar